Sabtu, 17 Agustus 2013

Resep Pempek Kapal Selam



Kota palembang merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang sudah pasti anda tau. Kota palembang terkenal dengan sungai musinya yang besar membelah kota ini dan juga dengan jembatan ampera yang melintang di atasnya. Selain dengan kedua ikon tersebut, kota palembang juga dikenal dengan berbagai resep masakan yang kebanyakan berbahan dasar dari ikan. Hal ini dikarenakan geografis kota palembang sendiri dengan sungai musinya sehingga mempengaruhi resep masakan palembang. Tetapi tentu saja tak hanya ikan, beberapa resep masakan palembang juga tetap ada yang menggunakan resep ayam sebagai bahan olahannya.
Beberapa resep masakan palembang yang terkenal adalah pempek palembang, tekwan, pindang ikan dan otak-otak. Sedangkan untuk resep kue basah dan resep kue kering ada kue maksuba. Saking terkenal lezatnya, resep masakan palembang ini bisa dengan mudah kita jumpai di para penjaja kuliner. Nah kini anda juga bisa membuat sendiri resep masakan palembang dengan resep yang kami sajikan untuk anda berikut ini.
 Pempek Kapal Selam
Bahan :
ikan tengiri giling  1 kg
tepung terigu 1 kg
tepung tapioka 1 kg
air panas secukupnya
garam secukupnya
telur rebus ( untuk isi belah jadi empat bagian )
Bumbu :
bawang putih 100 gr
garam secukupnya
penyedap
Bahan kuah  cuka :
air 1 liter
gula merah 1 kg
bawang putih 150 gr
250 gr cabe rawit
air cuka 2 sdm
garam 1 sdt
Cara membuat :
1. Untuk membuat kuah cuka Didihkan air bersama gula merah lalu masukan bawang putih dan cabe rawit yang sudah dihaluskan di tambah cuka dan garam. Saring dan sisihkan
2. Untuk membuat Pempek  campurkan tepung terigu dan ikan tenggiri kemudian tambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk. Aduk sampai menjadi adonan yang kenyal  jangan sampai terlalu lembek.
3. Bentuk Adonan menjadi bulat kemudian masukan telor rebus yang sudah dibagi empat ke tengah adonan empek empek kapal selam dan lipat.
4. Rebus Adonan Pempek kapal selam dengan air yang mendidih. Agar pempek tidak lengkit beri sedikit minyak ke dalam air.
5. Rebus hingga pempek mengapung atau matang, angkat dan tiriskan. Empek Empek kapal selam sudah siap dinikmati basah maupun di goreng terlebih dahulu.
6. Sajikan bersama Kuah Cuka pempek dan irisan ketimun.
Menarik bukan aneka resep masakan palembang lezat diatas? Bahan-bahan yang dibutuhkan serta Proses pembuatannya pun tidak terlalu sulit. Cocok sekali dihidangkan sebagai menu favorit bagi keluarga dan orang-orang tercinta. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar