Selasa, 11 September 2012

Tempat Paling Eksotis di Indonesia

Indonesia adalah negeri yang saangat indah, terdiri atas beribu-ribu pulau dan memiliki keeksotikan alam yang tidak dimiliki negara mana pun di dunia. Tak heran jika Indonesia dijuluki sebagai Zamrud Khatulistiwa. Dengan letaknya yang sangat strategis dan memiliki keindahan alam yang menakjubkan, Indonesia menjadi daerah tujuan wisata baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Keindahan alam tersebut terbentang luas dari Sabang sampai Merauke, dan dari keindahan panorama alam Indonesia itu terdapat beberapa tempat yang menjadi daerah tujuan wisata dengan pesona alamnya yang terkenal bahkan hingga ke seluruh dunia.
1. Taman Laut Bunaken
Terletak di arah utara ibukota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Bunaken menyajikan keindahan alam bawah laut yang mempesona. Taman Laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektar dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. Para wisatawan dimanjakan dengan indahnya terumbu karang serta berbagai jenis biota bawah laut yang hanya bisa ditemukan di daerah ini.
Image
2. Pulau Komodo 
Pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini memiliki keunikan sebagai satu-satunya pulau di dunia yang dihuni oleh spesies komodo yang jumlahnya sekitar 1200 spesies. Keunikan Pulau Komodo ini dibarengi dengan padang savana yang membentang luas dihiasi pohon-pohon lontar khas daerah Nusa Tenggara, sehingga menjadikannya salah satu daerah wisata yang sayang untuk dilewatkan.
3. Danau Toba
Danau Toba sudah lama menjadi daerah tujuan wisata. Danau ini berada di Provinsi Sumatera Utara. Keunikan Danau Toba ada pada Pulau Samosir yang letaknya di tengah-tengahnya. Selain itu Danau Toba tercatat pula sebagai danau vulkanik terbesar di dunia.
4. Pantai Kuta
Siapa yang tidak mengenal Pulau Bali? Demikian terkenalnya sehingga sebagian besar wisatawan mancanegara lebih mengenal Bali daripada Indonesia sendiri. Salah satu pantai yang menawan dan namanya terkenal sampai ke seluruh dunia adalah Pantai Kuta. Pantai ini letaknya tidak jauh dari ibukota Provinsi Bali, Denpasar. Matahari terbenam (sunset) terlihat lebih indah dan mengagumkan dari pantai ini.
5. Danau Kelimutu
Danau Kelimutu terletak di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Keunikan danau yang berada di Gunung Kelimutu ini yakni memiliki air yang dapat berubah-ubah warnanya. Warna dasar danau ini adalah merah, biru dan putih. Selain keunikan perubahan airnya, Danau Kelimutu juga dikelilingi oleh hutan yang ditumbuhi beragam tumbuhan yang jarang ditemukan di tempat lain di Flores.
6. Kepulauan Raja Ampat
Raja Ampat merupakan kepulauan yang terletak di Provinsi Papua. Kepulauan ini memiliki keindahan bawah laut yang tak kalah indahnya dengan Taman Laut Bunaken. Kepulauan Raja Ampat memiliki 40 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di pulau yang menakjubkan ini.
7. Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon merupakan ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah yang tersisa dan terluas di Jawa Barat. Di Taman Nasional ini, terdapat Badak Jawa yang merupakan satwa langka dan dilindungi. Taman Nasional Ujung Kulon yang telah dikenal oleh para peneliti pakar botani Belanda dan Inggris sejak tahun 1820 ini merupakan obyek wisata alam yang menarik, dengan keindahan berbagai keunikan alam berupa sungai-sungai dengan jeramnya, air terjun, pantai pasir putih, sumber air panas, taman laut dan peninggalan budaya.
8. Kebun Raya Bogor
Objek pariwisata yang terletak di Kota Bogor ini secara resmi didirikan pada tanggal 18 Mei 1817. Pada mulanya, Kebun Raya Bogor dijadikan sebagai tempat penelitian tanaman dan tumbuh-tumbuhan pada zaman kolonialisme. Namun kini Kebun Raya Bogor telah menjadi tempat wisata yang indah dan menarik, dengan berbagai jenis tanaman yang tumbuh di dalamnya termasuk Bunga Rafflesia yang sangat terkenal itu.
9. Puncak Jayawijaya
Satu-satunya tempat yang memiliki salju abadi di Indonesia adalah Puncak Jayawijaya. Puncak Jayawijaya yang terletak di Papua ini merupakan puncak tertinggi di Asia Tenggara dan Pasifik, dan menjadi daerah tujuan wisata khususnya bagi para pendaki gunung sebagai salah satu dari Tujuh Puncak Benua (seven summit). Puncak Jayawijaya istimewa karena terletak di daerah tropis yang berada di garis khatulistiwa yang sebenarnya tidak memungkinkan adanya salju.
10. Pantai Pangandaran
Pangandaran adalah salah satu daerah tujuan wisata yang menarik perhatian para wisatawan. Terletak di pantai selatan Jawa Barat, Pangandaran menawarkan keindahan pantai pasir putihnya yang membentang luas dengan panorama alam ketika matahari terbenam.

0 komentar:

Posting Komentar