Rabu, 29 Agustus 2012

Takson Kucing


?Felis
Kucing liar, Felis silvestris
Kucing liar, Felis silvestris
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Carnivora
Famili: Felidae
Upafamili: Felinae
Genus: Felis
Linnaeus, 1758
Felis range
Felis range
Species
Felis adalah genus kucing dalam famili Felidae,termasuk kucing domestik dan kucing liar. Spesies liar tersebar secara luas di seluruh Eropa, Asia Selatan dan Tengah, juga Afrika; kucing domestik telah diperkenalkan di seluruh dunia.
Anggota genus Felis semuanya kucing kecil, dengan kemiripan yang banyak atau kurang dengan kucing domestik. Spesies terkecil adalah kucing pasir, yang panjangnya mungkin kurang dari 40 cm, sedangkan yang terbesar adalah kucing hutan, yang dapat mencapai 94 cm.Mereka mendiami berbagai habitat yang berbeda, dari rawa sampai gurun, dan umumnya memakan tikus kecil, mereka juga memakan burung dan dan hewan kecil lainnya, tergantung pada lingkungan lokal mereka.
Penelitian genetik menunjukkan bahwa genus Felis pertama kali berevolusi sekitar delapan sampai sepuluh juta tahun lalu, mungkin di wilayah Mediterania.[1]

[sunting] Species

Genus Felis saat ini dianggap terdiri dari enam spesies hidup, meskipun kucing domestik dan kucing gunung Cina kadang-kadang dianggap subspesies F. silvestris.

[sunting] Taksonomi

Felis pernah mengandung sebagian besar kucing kecil, dan pada suatu waktu berisi jumlah spesies yang sangat besar. Pada tahun 1951, ahli zoologi Reginald Innes Pocock mengidentifikasi empat takson sebelumnya digambarkan sebagai spesies terpisah dan benar-benar menjadi subspesies dari Felis silvestris, sehingga sangat mengurangi ukuran genus.[3] Sekarang beberapa subspesies ini diakui sebagai berbeda, sedangkan mayoritas spesies kucing kecil telah dipisahkan ke dalam genus mereka sendiri, seperti Leopardus dan Puma.
Kucing Pallas memiliki sejarah taksonomi sangat rumit.Genus yang lebih besar kemudian dibagi menjadi genera yang lebih kecil, sehingga Kucing Pallas sedang direklasifikasi sebagai satu-satunya anggota genus Otocolobus. Namun, selama akhir abad 20 adalah Kucing Pallas dianggap terkait erat dengan spesies yang tersisa dari genus Felis dan diklasifikasikan demikian. Akhirnya, penelitian terbaru telah menunjukkan Kucing Pallas untuk menjadi erat terkait dengan kedua Felis dan Prionailurus. Sebagai hasilnya, genus Otocolobus telah dibangkitkan dan Kucing Pallas telah direklasifikasi (lagi).

0 komentar:

Poskan Komentar